Monday, June 19, 2006,12:39 AM
My First Cooking Class

Alhamdulillah akhirnya aku bisa bersilaturahmi dengan bunda-bunda di DB. Hari Sabtu, 17 Juni 2006 pertama kali aku ikutan cooking class dengan DB.
Sebetulnya aku agak gak PD ikutan cooking class ini, soale aku baru banget belajar cooking. Hmm tapi atas dasar semangat dan dorongan Bunda Inong dan Bunda Tyas, akhirnya aku beranikan diri untuk ikutan. Thanks Bunda.... :* :* :*
Selain aku menambah ilmu tentang cooking aku juga dapat menambah saudara dengan bersilaturahmi. Pokoknya aku seneng banget deh :)
Jreng jreng jreng.... ;;)
Ini dia bunda-bunda yang ber-kopdar di Bandung. Ada Bunda Uceu, Bunda Tyas, Bunda Atiek, Bunda Eka, Bunda Susi, Bunda Ita, Bunda Nora, Bunda Dini, Bunda Dian dan Bunda Lia, serta tidak ketinggalan aku dunk :D
Tetapi yang di foto gak semua :(
:D ini nitip di jepretin ama orang lain. Fotonya agak blurrrr, maapin yaaahhh ...

Pada acara KOPDAR ini, yang pertama di share adalah membuat POFERTJES VIN dengan chef-nya adalah bunda Uceu. Thanks Bunda atas ilmunya. Hmm bakal keringetan juga untuk membolak-balik pofertjes-nya yah Bun ;;)

POFERTJES VIN

Bahan:

  • 200 gr teping terigu
  • 50 gr tepung maizena
  • 100 gr gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur
  • 1/2 sdm yeast
  • 1/3 sdt BP
  • 300 ml susu cair (300 ml air+2 sdt susus bubuk)
  • 50 gr mentega cair
  • 1/3 sdt garam
Bahan Toping:
  • Gula donat-keju cheddar-coklat cair-selai blueberry-selai strawberry
Cara Membuat:
  1. Campurkan dan kocok/aduk seluruh bahan kecuali garam dan mentega cair
  2. Diamkan +/- 30 menit
  3. Tambahkan mentega cair dan garam, aduk rata
  4. Panaskan cetakan dan olesi mentega
  5. Maukkan adonan, bolak baloik dan angkat
  6. Hidangkan ;;)
Pofertjes Vin


Selain membuat pofertjes vin ini, setelah selesai, di share lagi pembuatan Brownese Kukus, Bunda Tyas nyang jadi chef nya :*

Hmmm nyummy ... aku khan suka ama nyang brownese brownese gini .... asiiiikkkk sekarang dah tau bikinnya. Mungkin someday aku bisa bikin sendiri .. Thanks ilmunya Bunda Tyas ... :*
BROWNESE KUKUS

Bahan:
  • 200 gr tepung terigu
  • 400 gr gula pasir
  • 8 butir telur
  • 1/2 kaleng susu kental manis coklat
  • 300 ml minyak goreng
  • 1/2 botol pasta moca
  • 1/2 ons cokelat bubuk
  • 1/2 ons cokelat buubk
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 sdm vanili
  • 1 sdm SP
  • 1.2 sdt garam
  • cokelat beras/meses secukupnya
Cara membuatnya:
  1. Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan SP, sisihkan
  2. Kocok telur dan gula sampai larut, masukkan bahan kering, aduk rata, tambahkan susu kental manis, pasta moca, vanili, dan garam. Terkhir masukkan minyak goreng, campur rata, bagi menjadi dua bagian adonan
  3. Masukkan dalam loyang ukuran 22x22 cm yang tellah di olesi margarin tipis dan di alasi kertas roti
  4. Masukkan adonan pertama, kukus 15 menit dengan api kecil
  5. Setelah permukaan kering, taburi dengan messes, masukkan adonan kedua. Kukus +/- 30 menit atau hingga matang
  6. Angkat, sajikan
  7. Treng treng trengggggggg.....
Brownese Kukus
Nah sambil menunggu brownese kukusnya matang, Bunda Uceu menyebarkan ilmunya lagi tentang fondant cake. Hmmm ulek ulek ulek dan ulek ... gubrak gubrak (ngebayangin ngasih warna pada fondant hehehhehe....)

Sebetulnya dari obrolan-obrolan yang ada, banyak ilmu yang di share, tetapi aku sedikit lupa. JAdi dalam posting ini, aku tidak men-share khan kembali. Mungkin lain kali aku harus bawa recorder kali yaaaahhh ;;) berhubung akunya yang lambat untuk mengingat :D















Ok Khaaaannnn KOPDAR kali ini \:d/
Di tunggu Kopdar atau acara lain dari DB ... OK para Bunda ... cu...
 
posted by Chera Istianingrum | Permalink |


2 Comments:



www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws       www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws       www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws www.Bigoo.ws

Glittery texts by bigoo.ws